Share Page:
 

Pemilihan Ketua dan Pengawas Periode 2019 - 2021

Kepada anggota sekaligus pemilik KKJIS,

Masa bakti Pengurus dan Pengawas periode 2016 - 2018 akan berakhir dan demi kelangsungan serta menjalankan amanat Anggaran Dasar KKJIS mari kita turut serta berpartisipasi dengan ikhlas dalam proses pemilihan Ketua Pengurus dan Ketua Pengawas untuk masa bakti 2019 - 2021. Proses memiliki berberapa tahapan diantaranya pengajuan Nama Bakal Calon (online), verifikasi dan kesediaan sampai  dengan proses pemilihan dari calon yang bersedia.

Semua anggota KKJIS berhak mencalonkan diri dan berhak dicalonkan, baik sebagai Ketua maupun sebagai Pengawas KKJIS. Namun demikian, merujuk pada Hasil RK-RAPB tahun buku 2010 yang diadopsi dalam perubahan ART KKJIS, terdapat kriteria Calon Ketua / Pengawas KKJIS, yaitu: amanah, jiwa pemimpin, menyampaikan visi misi, jujur, minimal telah 3 tahun menjadi anggota KKJIS, dan pernah mengikuti LATPENKOP (Latihan Pendidikan Koperasi). Silahkan ajukan Bakal Calon Ketua / Pengawas yang sekiranya memenuhi kriteria tersebut. Anggota atau komunitas anggota yang ingin mengajukan anggota lain sebagai Bakal Calon dipersilahkan meng-encourage / menyemangati anggota lain tersebut agar bersedia dicalonkan. Semua anggota dipersilahkan manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan KKJIS. Pengajuan nama BALON dilakukan dengan cara ONLINE Pengisian form ONLINE oleh anggota dimulai pada Kamis 3 Januari 2019 dan paling lambat Hari Kamis 17 Januari 2019, jam 15:00 WIB.Mari kita semarakan proses pemilihan ini demi keberlangsungan organisasi yang kita cintai bersama ini.

Tata cara pemilihan nama Bakal Calon Ketua Pengurus dan Pengurus KKJIS:

  1. Silahkan anda login terlebih dahulu di portal ini dengan menggunakan email dan password yang terdaftar pada portal ini.
  2. Pada halaman depan dibawah banner akan ada sebuah ikon , silahkan klik tombol tersebut.
  3. Pilih sebuah nama pada kolom nama ketua pengurus dan nama ketua pengawas 
  4. Kemudian pilih simpan. Sistem akan mengirimkan email yang berisikan pilihan anda. 
  5. Pilihan hanya dapat dilakukan satu kali.

 

Tahapan-Tahapan dan Aturan Main Pemilihan Ketua dan Pengawas KKJIS Periode 2019-2021

Berikut adalah Tahapan-Tahapan dan Aturan Main Pemilihan Ketua dan Pengawas KKJIS Periode 2019-2021:

 

3 - 17 Januari 2019:

Pengajuan nama BAKAL CALON (BALON) KETUA & PENGAWAS oleh semua anggota KKJIS.

Semua anggota KKJIS berhak mencalonkan diri dan berhak dicalonkan, baik  sebagai Ketua maupun sebagai Pengawas KKJIS.

Namun demikian, merujuk pada Hasil RK-RAPB tahun buku 2010 yang diadopsi dalam perubahan ART KKJIS, terdapat kriteria Calon Ketua / Pengawas  KKJIS, yaitu: amanah, jiwa pemimpin, menyampaikan visi misi, jujur, minimal telah 3 tahun menjadi anggota KKJIS, dan pernah mengikuti LATPENKOP (Latihan Pendidikan Koperasi).

Silahkan ajukan Bakal Calon Ketua / Pengawas yang sekiranya memenuhi kriteria tersebut.

Anggota atau komunitas anggota yang ingin mengajukan anggota lain sebagai Bakal Calon dipersilahkan meng-encourage / menyemangati anggota lain tersebut agar bersedia dicalonkan.

Semua anggota dipersilahkan manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan KKJIS.

Pengajuan nama BALON dilakukan dengan cara ONLINE

Pengisian form ONLINE oleh anggota dimulai pada Hari Kamis, tanggal 3 Januari 2019 dan paling lambat pada Hari Kamis 17 Januari 2019, jam 15:00 WIB.

 

18 Januari 2019:

Rekapitulasi nama-nama BAKAL CALON yang diajukan oleh Anggota.

 

21-25 Januari 2019:

Pengumuman nama-nama BAKAL CALON yang diajukan oleh Anggota.

Meminta konfirmasi para BAKAL CALON

Semua BALON yang diajukan oleh anggota, dimintai konfirmasinya, apakah sudah atau belum 3 tahun menjadi anggota KKJIS, apakah sudah pernah mengikuti LATPENKOP, dan apakah  bersedia menjadi CALON KETUA atau CALON PENGAWAS KKJIS.

Konfirmasi dari semua BALON dilakukan dengan cara mengisi dan menandatangani formulir Surat Pernyataan Kesediaan.

Setiap BALON hanya boleh menjadi CALON pada 1 posisi, yaitu menjadi CALON KETUA saja atau CALON PENGAWAS saja.

Apabila ada BALON yang oleh anggota diajukan pada 2 posisi, maka BALON yang bersangkutan diminta untuk  memilih salah satu posisi, yaitu menjadi CALON KETUA atau CALON PENGAWAS.

Apabila terdapat lebih dari 2 CALON KETUA dan/atau 2 CALON PENGAWAS yang menyatakan BERSEDIA DICALONKAN, maka akan dilakukan Pemilihan Ketua dan/atau PENGAWAS Putaran 1 untuk menentukan 2 CALON KETUA dan 2 CALON PENGAWAS yang akan dipilih pada saat RAT.

Apabila terdapat hanya 1 CALON KETUA dan/atau hanya 1 CALON PENGAWAS yang menyatakan BERSEDIA DICALONKAN, maka satu-satunya CALON KETUA dan/atau satu-satunya CALON PENGAWAS tersebut pada saat RAT akan ditetapkan sebagai KETUA dan/atau PENGAWAS secara AKLAMASI.

Tujuannya adalah agar KKJIS tidak mengalami kevakuman Ketua dan/atau Pengawas.

Dengan niat dan tujuan agar KKJIS tidak mengalami kevakuman Pengurus dan/atau Pengawas pula, maka apabila TIDAK ADA SATUPUN anggota KKJIS yang bersedia menjadi CALON KETUA dan/atau CALON PENGAWAS, maka tahapan Meminta konfirmasi para BAKAL CALON dapat diperpanjang sampai ada Bakal Calon yang bersedia menjadi CALON Ketua dan/atau PENGAWAS KKJIS.

 

28 Januari 2019:

Pengumuman nama-nama Calon Ketua dan PENGAWAS KKJIS.

 

28 Januari – 01 Februari 2019:

Pemilihan KETUA dan/atau PENGAWAS Putaran 1

CALON KETUA dan CALON PENGAWAS yang dipilih adalah calon-calon  yang menyatan bersedia menjadi Ketua atau Pengawas dan memenuhi kriteria.

Pemilihan dilakukan dengan cara ONLINE.

Pengisian Surat Suara ONLINE oleh anggota  paling lambat Hari Jum’at, 1 Februari 2019, jam 15:00 WIB.

 

04 - 08 Februari 2019:

Penghitungan Suara Pemilihan Putaran 1

 

11 Februari 2019:

Pengumuman NAMA CALON KETUA dan NAMA CALON PENGAWAS yang akan maju pada Pemilihan Putaran ke-2 pada saat RAT.

Dua CALON KETUA dan dua CALON PENGAWAS yang telah ditetapkan sebagai calon yang akan dipilih pada Pemilihan Putaran 2 pada saat RAT diminta menandatangani Surat Pernyataan bermeterai. 

Surat Pernyataan dimaksud merupakan penegasan dari Surat Pernyataan sebelumnya, bahwa calon tersebut benar-benar BERSEDIA menjadi Ketua atau Pengawas KKJIS  dan pernyataan bahwa dirinya TIDAK AKAN MENGUNDURKAN DIRI selama proses Pemilihan.

 

12-22 Februari 2019:

Masa Kampanye.

Jika menghendaki, CALON KETUA dan CALON PENGAWAS dipersilahkan berkampanye.

Kampanye dilakukan dengan cara-cara yang baik, tidak menjelek-jelekan pihak lain, tidak mengganggu aktivitas JIS secara keseluruhan dan tidak melanggar semua peraturan yang berlaku SECARA UMUM, peraturan di JIS maupun KKJIS.

Sebaiknya kampanye dilakukan dengan cara menyampaikan visi-misi dan program-program unggulan yang ditawarkan  yang menjadikan KKJIS semakin maju.

 

22 Februari 2019-Menjelng RAT:

Masa Tenang.

 

Saat RAT (Maret 2019?)

Pemilihan Ketua dan Pengawas Putaran ke-2.

Pemilihan dilakukan dengan cara ON LINE.

KETUA dan PENGAWAS terpilih adalah CALON yang meraih suara terbanyak pada saat pemilihan, berapapun jumlah perolehan suaranya.

 

Halaman Pemilihan Bakal Calon